Macan Dahan, Si Buas yang Misterius


Sumber Foto : Fera KPFM

MACAN dahan yang ditangkap warga di Pahandut Sebarang Kota Palangka Raya dalam  bahasa latinnya dikenal dengan Neofelis. Macan dahan ini merupakan salah satu hewan langka yang sulit terlacak keberadaaannya.

Kebiasaan macan dahan tidak banyak diketahui karena sifat alaminya yang penuh rahasia. Perkiraan umum, mereka adalah makhluk penyendiri. Karena perilaku yang penyendiri inilah, macan dahan sulit untuk diteliti dan dipelajari.

Hewan langka ini kulitnya memiliki corak seperti awan. berbentuk bulat tidak beraturan, dan bulunya berwarna abu gelap. Jenis satwa liar seperti ini memang cepat stress. Begitu juga dengan seekor macan dahan di depan rumah warga Jalan Terusan Limau kemarin pagi (19/02/2019).

Kini satwa liar tersebut ke kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah yang berada di Jalan Yos Sudarso No.03 untuk segera diamankan dan dilakukan observasi. “Terlihat dari kondisi luar, yang pastinya dia sudah mengalami stress berat, mungkin karena dari segi penanganannya yang agak sedikit dipaksakan,” kata drh. Hifzi Irsada.

Dokter hewan yang bekerja di BKSDA Kalimantan Tengah itu menambahkan bahwa untuk sementara waktu tidak bisa langsung dilakukan penanganan. “Harus tunggu tenang dulu soalnya dia lagi stress berat”, ungkap dokter hewan yang berperawakan tinggi besar ini kepada Reporter KPFM, tadi pagi.(eya-kpfm)

Berita terkait :Sedang Asyik Makan Kucing, Macan Dahan Ditangkap Warga

599 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.