Kaya Akan Vitamin, Ini 5 Manfaat Gel Lidah Buaya

jpnn.com – Lidah buaya mengandung vitamin, antioksidan, mineral, dan asam amino yang tersimpat dalam zat bening seperti gel. Kandungan dalam lidah buaya diketahui dapat digunakan untuk perawatan kulit.

“Lidah buaya bisa melakukan lebih dari sekadar membantu mendinginkan kulit akibat sengatan sinar matahari,” kata Joel Schlessinger, M.D., seorang dokter kulit berbasis di Omaha, seperti dilansir laman MSN,Minggu (4/8).

Ada sejarah panjang menggunakan gel lidah buaya sebagai obat rumahan, dan sepertinya aman untuk digunakan secara topikal, menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif. Nah, apa gunanya gel lidah buaya?

1. Meredakan iritasi

Jika kulit kemerahan, cobalah ambil lidah buaya. Daun lidah buaya mengandung senyawa yang menekan peradangan, serta carboxypeptidase yang merupakan pereda rasa sakit.

2. Psoriasis

Mengoleskan krim ekstrak lidah buaya beberapa kali sehari bisa mengurangi kemerahan, dan peradangan gatal karena psoriasis ringan hingga sedang.

3. Melawan jerawat

Selain sifat antibakteri, gel lidah buaya memiliki asam salisilat, yang membuka pori-pori dan bertindak sebagai anti-inflamasi pada kelenjar minyak penghasil jerawat.  Juga cari produk dengan kandungan benzoil peroksida untuk membunuh bakteri dan retinoid yang menyebabkan jerawat untuk mencegah sel-sel kulit tersumbat.

4. Mempercepat proses penyembuhan

Lidah buaya mengandung agen yang dikenal membantu menghambat jamur, bakteri, dan virus. Ini bisa membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka bakar tingkat pertama dan kedua.

5. Membantu luka dingin

Mengoleskan krim yang mengandung lidah buaya bisa membuat lesi itu hilang lebih cepat karena sifat antivirus itu.(fny/jpnn)

8 Views

About The Author

Related posts