Pemilihan Calon Kepala Desa Harus Selektif

PELANTIKAN : Bupati Seruyan Yulhaidir saat melantik anggota BPD di Lapangan Tenis Indoor, Kuala Pembuang, belum lama ini. BAHTIAR/KALTENG POS

KUALA PEMBUANG – Sebagai upaya untuk menghasilkan kepala desa (kades) yang berkualitas dan memiliki kemampuan intelektual yang baik, sejumlah desa di Kabupaten Seruyan akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2020. Bupati Seruyan Yulhaidir minta, agar calon kepala desa harus dipilih dengan selektif.

Menurut Bupati Yulhaidir, pemilihan kepala desa serentak itu kemungkinan akan dilakukan akhir tahun ini. Nantinya, seluruh calon kepala desa akan menjalani psikotes maupun tes kemampuan dan kejiwaan.

Dijelaskan bupati, hal tersebut bertujuan agar nantinya, jangan sampai masyarakat disuguhkan dengan calon kepala desa yang kurang baik kejiwaannya maupun kemampuan intelektualnya yang kurang.

“Kita akan seleksi, sebelum dia (calon kades) ikut berkompetisi dalam pilkades, maka terlebih dahulu kita akan adakan psikotes dan tes kemampuan intelektualnya,” kata Bupati Yulhaidir belum lama ini.

Ditambahkannya, pelaksanaan pilkades tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika masyarakat sebelumnya yang ingin menjadi kepala desa mendaftar dan lulus kesehatan, tetapi tahun ini berbeda.

Bahkan rencananya, Bupati Yulhadiri akan langsung menjadi ketua tim seleksi calon kades nantinya. “Bagi yang ingin mencalon kepala desa harus lulus psikotes dan harus lulus kemampuan intelektual. Apalagi kalau ada indikasi narkoba, saya tidak akan luluskan,” tegasnya

Bupati menjelaskan, walaupun pendukung dari calon kades tersebut banyak, tapi jika kejiwaan maupun kemampuan intelektual dari calon itu belum memenuhi syarat dan tidak lulus tes, maka yang bersangkutan tidak bisa mengikuti pilkades.

“Kita harus selektif memilih calon kepala desa, supaya yang disuguhkan untuk rakyat yang memilih ini adalah orang-orang yang betul-betul berkopemten dan orang yang memiliki kemampuan intelektual yang bagus,” pungkasnya. (ais/ens)

193 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.