6 KEBIASAAN MANDI YANG BISA MERUSAK KULIT ANDA

Foto : Ilustrasi Mandi Grafis : Rizqie Lim

Mandi seharusnya baik untuk kulit karena dapat membersihkan berbagai macam kotoran dan minyak. Namun, menurut para dokter kulit, kebiasaan mandi yang salah—yang sayangnya sering tidak disadari dilakukan oleh banyak orang—justru bisa merusak kulit. Apa saja kebiasaan itu?

1. Mandi terlalu lama. “Penyebab umum dari kulit kering dan gatal adalah mandi dalam waktu lama dan dengan  mandi air panas. Saya sarankan mandi sebentar saja, tidak lebih dari lima menit,” kata Dr. Shari Marchbein, seorang dokter kulit bersertifikat.

2. Air terlalu panas. Menikmati mandi beruap dengan air sangat panas, mungkin terasa nikmat. Namun, ini bukan hal yang baik bagi kulit Anda. Dr. Rita Linker, seorang dokter kulit bersertifikat, menjelaskan bahwa mandi dengan air terlalu panas benar-benar menghilangkan sebum alami yang melumasi kulit.

3. Sabun terlalu keras. “Penyebab lain kulit kering dan teriritasi adalah penggunaan sabun yang terlalu wangi dan sabun antibakteri. Jauhi sabun yang beraroma terlalu kuat dan ingatlah bahwa yang lembut selalu lebih baik,” kata Dr. Shari.

4. Mandi pakai loofah. Alat mandi ini sarang bakteri dan jamur sehingga tidak boleh digunakan saat mandi, terutama dari satu orang ke orang lain. Sebagai gantinya, pakai waslap baru setiap kali mandi atau cukup gunakan tangan dengan sabun dan air untuk menggosok.

5. Tidak sering ganti pisau cukur. “Rambut yang tumbuh ke dalam, folikulitis [peradangan pada folikel rambut], dan iritasi kulit dapat terjadi karena pisau cukur menjadi tumpul. Untuk hasil terbaik saat bercukur, saya sarankan mengganti pisau cukur setiap 2-3 kali pencukuran,” ujar Dr. Shari.

6. Tidak pakai pelembap setelah mandi. Meski sudah dilakukan sebentar dan dengan air suam-suam kuku, mandi tetap menyebabkan sedikit pengelupasan sebum yang membuat kulit terasa kering dan gatal. Pelembap yang dipakai dalam waktu 60 detik setelah mandi adalah kunci untuk kulit yang sehat.

Sumber : womantalk.com

65 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *