Pacu Kabupaten Kembangkan Perpustakaan Desa

LAPORAN : Sekda Kalteng H Nuryakin memberikan laporan terkait deklarasi desa ramah perempuan dan peduli anak bebas stunting, Kamis (22/9).

PALANGKA RAYA – Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispursipda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Luqman Alhakim mengatakan, pihaknya terus melakukan upaya agar layanan perpustakaan dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Mengingat luasnya wilayah Kalteng, sehingga daerah-daerah yang ada di pelosok seperti desa-desa dapat menikmati fasilitas perpustakaan juga. “Kita terus melakukan upaya agar layanan perpustakaan inklusif bagi semua pihak, khususnya yang berada di desa-desa,” ucapnya.

Meskipun pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk mengurus desa-desa, karena tugas tersebut berada dalam koridor pemerintah kabupaten/kota, pihaknya dapat tetap mampu mewujudkan agar perpustakaan di desa dapat dikembangkan dengan memacu dinas-dinas terkait tingkat kabupaten/kota untuk mengembangkan perpustakaan di desa yang berada di kabupaten/kota itu.

“Selain itu kita juga memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk mengembangkan perpustakaan desa tersebut dengan melibatkan pihak ketiga seperti orang-orang yang sudah sukses mengembangkan perpustakaan untuk menjadi mentor bagi pengurus perpustakaan yang ingin mengembangkan perpustakaannya,” tandasnya. (dan/ens/kpfm101)

24 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.