Tips Mengatasi Wajah dan Mata Sembab dalam Semalam

#LIFESTYLE CANTIK

Gambar Tips Mengatasi Wajah dan Mata Sembab dalam Semalam

Foto : IDN Times

Bangun pagi dengan wajah dan mata sembap? Tampaknya hampir semua orang pernah mengalami hal seperti ini. Konsumsi garam yang berlebihan, alkohol, atau makanan manis dalam jumlah besar bisa menyebabkan penumpukan cairan di area wajah dan perut. Dehidrasi juga bisa menjadi pemicu kondisi ini.

 

Dibiarkan saja pun sebenarnya kondisi wajah akan kembali seperti semula. Tetapi jika kamu ingin mengatasi wajah dan mata sembap dalam waktu yang relatif singkat, coba konsumsi beberapa makanan dan minuman di bawah ini.

 

Air mineral

Cara terbaik untuk meluruhkan cairan yang menumpuk di wajah dan perut adalah menggelontornya dengan cairan. Minum air putih merupakan pilihan paling aman dan menyehatkan. Air mineral juga bisa membantu mengatasi sembap yan disebabkan dehidrasi.

 

Buah dan sayuran berair

Selain air mineral, buah dan sayuran yang kaya akan kandungan air juga bisa membantu mengatasi wajah sembap dari dalam. Lauren Carelli dari Blushing Brides menyarankan buah-buahan seperti semangka dan nanas. Mentimun dan batang seledri juga menghasilkan banyak cairan.

 

Peterseli

Dilansir NDTV, peterseli bisa membantu mengatasi sembap pada area mata. Menurut Beth Warren, R.D.N., pendiri Beth Warren Nutrition, peterseli juga bersifat diuretik. Sayuran beraroma harum ini akan membantu mencuci ginjal dari kelebihan cairan di dalam tubuh dan mengeluarkannya lagi lewat air seni.

 

Pisang

Potassium yang ditemukan dalam pisang membantu mengatur tingkat hidrasi dan elektrolit di dalam tubuh Anda. Kandungan ini akan melawan efek negatif dari makanan yang diproses berlebihan.

“Sodium menahan semua air dalam tubuh kita sedangkan potasium memiliki efek sebaliknya,” kata Ashvini Mashru, R.D., pemilik Wellness Nutrition Concepts, LLC. .Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Anaerobe juga menemukan bukti bahwa pisang bisa membantu mengatasi penumpukan cairan yang membuat perut buncit hingga 50 persen.

 

Air kelapa

Air kelapa yang katanya bisa bikin gemuk itu ternyata justru ampuh untuk mengatasi sembap dan perut buncit. Secangkir air kelapa mengandung 600 mg potassium, lebih banyak daripada sebatang pisang.

 

Jahe

Menurut Tara Coleman, ahli nutrisi klinis di San Diego, sifat anti-inflamasi dan antibakteri pada jahe sangat efektif mengatasi sembap dan buncit. “Jahe mengandung enzim pencernaan yang disebut zingibain, yang membantu tubuh memecah protein,” kata Coleman. “Ini adalah salah satu alasan mengapa sushi biasanya disajikan dengan jahe.”

Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan membuat secangkir teh jahe hangat. Menghirupnya sebelum, selama, atau setelah makan akan membantu tubuh Anda menstimulasi air liur, cairan empedu, dan cairan lambung yang membantu pencernaan.

 

Lemon

“Komposisi atomik dari air perasan lemon sangat sebanding dengan cairan di dalam pencernaan perut, serta air liur dan empedu, jadi benar-benar membantu meredakan gejala gangguan pencernaan seperti kembung dan sendawa,” kata Coleman.

Air lemon juga bisa membantu meluruhkan kelebihan cairan yang menumpuk di wajah dan area mata.

Demikian makanan dan minuman yang ampuh untuk meluruhkan cairan menumpuk penyebab sembap dan buncit.

*Sumber : merdeka.com

669 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.