Ganggu Warga, ODGJ Diamankan Satpol

ODGJ diamankan Satpol PP dan Damkar Lamandau, Senin, (17/2).

NANGA BULIK – Warga kota Nanga Bulik belakangan ini seringkali menemukan seorang pria yang diduga mengalami gangguan jiwa keluyuran dan mengganggu rumah-rumah warga.

Menindaklanjuti laporan warga, Senin (17/2) tim patroli Satpol PP dan Damkar Lamandau berhasil mengamankan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang dimaksud.

Pria yang diketahui bernama Heru tersebut diamankan saat sedang berada di depan warung makan. Anggota Satpol PP kemudian dengan rayuannya mengajak pria tersebut agar mau naik mobil patroli.

Mendengar informasi tersebut, warga Nanga Bulik mengaku lega dengan telah diamankannya ODGJ tersebut. Karena beberapa malam terakhir yang bersangkutan sempat mengamuk dan mengganggu rumah warga .

“Teras saya diludahi sembarangan, sambil ngomel-ngomel. Kami jadi ketakutan, karena ada yang sampai dikejar-kejar juga,” ucap Leni salah satu warga yang bermukin di Jl A.Yani.

Warga lain juga mengaku ada yang dikotori halaman rumahnya dengan tumpukan-tumpukan kayu, dan ketakutan karena yang bersangkutan teriak-teriak dan mondar-mandir di jalan raya.

Sementara itu, Kasatpol PP dan Damkar Lamandau, Triadi, mengatakan bahwa ODGJ diamankan untuk didata dan diberi vitamin. “Untuk penanganannya, kita berkoordinasi dengan Dinkes dan Dinsos. Tadi yang bersangkutan juga telah disuntik vitamin,” jelasnya.

ODGJ tersebut kemudian diserahkan kembali kepada pihak keluarga, sembari menunggu proses administrasi untuk pembuatan  KTP, KK dan BPJS sebelum yang bersangkutan dikirim untuk menjalani pengobatan. (cho/nto)

168 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.