Tips Tingkatkan Produktivitas Kerja Saat WFH

Bagi sebagian besar dari kita, bekerja dari rumah akan berlanjut hingga tahun 2021, jadi merapikan ruang kamu dengan cara yang akan membuat kamu termotivasi dan bersemangat setiap pagi adalah hal yang sangat penting.

Merapikan adalah alat yang ampuh. Ini dapat membantu kamu berhubungan dengan apa yang diinginkan, menunjukkan kepada kamu apa yang dibutuhkan untuk berubah, dan membawa kebahagiaan ke dalam lingkungan kerja.

Ketika kamu menentukan objek dan tugas mana yang memicu kegembiraan, nilai dan tujuan kamu menjadi lebih fokus. Berikut 4 hal yang bisa dilakukan setiap hari untuk meningkatkan kegembiraan dan produktivitas saat bekerja dari rumah.

Bikin ‘zona zen’

Di mana pun kamu bekerja, baik meja ruang makan atau kantor rumah khusus, penting untuk menciptakan lingkungan yang membantu kamu fokus.

Kekacauan bisa menguasai otak dan mengganggu kemampuan untuk mengambil inisiatif; area yang tenang dan bersih akan meningkatkan produktivitas dan kegembiraan. Untuk mencapainya, identifikasi item yang penting untuk menyelesaikan pekerjaan, dan tentukan tempat untuk mereka.

Jika kamu tidak memiliki kantor, kotak atau pembawa portabel sudah cukup. Pindahkan semua item yang tidak terkait dari ruang kerja dan tambahkan satu hal yang memicu kegembiraan saat kamu melihatnya.

Kasih isyarat awal hari kerja

Sebelum kamu mulai bekerja, luangkan waktu sejenak untuk memusatkan diri. Momen ini tidak harus rumit. Faktanya, semakin sederhana semakin baik, karena kamu akan cenderung melakukannya setiap hari.

Demikian pula, tandai akhir hari kerja dengan ritual sederhana, seperti menyalakan musik atau mematikan notifikasi – apa pun yang memungkinkan kamu beralih ke bagian hari berikutnya dengan mudah.

Balikin Barang-Barang ke Tempatnya

Kekacauan nggak ada hubungannya dengan apa atau berapa banyak yang kamu miliki, namun ini adalah kegagalan untuk balikin barang ke tempatnya.

Cukup kembalikan barang yang sudah kamu pakai ke tempatnya saat tidak digunakan. Jika kamu bekerja di ruang multi guna, pastikan untuk menyimpan barang-barang penting agar tidak terlihat di penghujung hari sehingga nggak mengganggu saat makan malam atau waktu istirahat.

Semakin banyak hal yang kita miliki di sekitar kita, semakin membebani otak kita. Hal ini membuat kita lebih sulit untuk mengenali dan menikmati hal-hal yang membuat kita bahagia.

Tetapkan batasan dan istirahat

Rata-rata, kita menghabiskan kurang dari setengah hari kerja kita untuk tanggung jawab terpenting kita. Sisa waktunya digunakan oleh interupsi, tugas administratif, email, dan rapat. Tahan jebakan untuk menghabiskan seluruh waktu dan energi kamu untuk tugas-tugas yang tidak penting.

Ketahui perbedaan antara apa yang mendesak dan yang tidak. Cara lain untuk mengatur waktu secara efektif adalah dengan menjadwalkan waktu henti. Blokir jendela di kalender kamu setiap minggu untuk mematikan pemberitahuan, berjalan-jalan, atau sekadar membiarkan pikiran kamu berkelana. Kreativitas kamu akan pulih kembali dan otak juga bakalan lebih tajam.(*net)

105 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *