11 Januari dirayakan Sebagai Hari Terima Kasih Internasional, Simak 3 Kegiatan Menarik untuk Merayakannya

International Thank You Day atau Hari Terima Kasih Internasional diperingati setiap tahun pada tanggal 11 Januari. Hari Terima Kasih Internasional merupakan sebuah momen yang berfungsi sebagai pengingat bahwa kita tidak boleh lupa memberi ucapan terima kasih kepada orang-orang di sekitar.

Ucapan terima kasih memang hanya terdiri dari dua kata, namun efeknya begitu besar. Ucapan ini membuat orang merasa dihargai dan bisa memotivasi untuk terus melakukan kebaikan.

Pernahkah kalian mendengar istilah Three Magic word? atau dalam bahasa adalah tiga kata ajaib. Mereka terdiri dari kata “tolong, “maaf” dan “terima kasih”.

Terima kasih merupakah salah satu dari tiga kata ajaib tersebut. Di sini bisa terlihat betapa pentingnya terima kasih dalam kehidupan manusia.

Terima kasih menjadi salah satu bentuk apresiasi yang nyata untuk seseorang yang telah berkontribusi dalam hidup kita.

Oleh karenanya, melalui Hari Terima Kasih Internasional diharap sebagai sebuah momen untuk melakukan kilas balik tentang sejauh mana ungkapan terima kasih menjadi kebiasan yang keluar dari lisan. Sudah tepatkah penerapannya dalam kehidupan sehari-hari?

Dilansir dari National Today, kata terima kasih diyakini ada di antara tahun 450 dan tahun 1100.

Pada zaman dahulu seperti di negara Mesir dan China, orang-orang sudah saling berkomunikasi melalui kertas.

Mereka saling berkirim pesan dalam sebuah perayaan seperti ucapan selamat pada tahun baru. Dalam pesan tersebut terdapat ungkapan terima kasih yang juga tertulis dalam kertas.

Pada tahun 1400, kegiatan mengirim pesan menjadi populer. Pada saat itu orang-orang Eropa bertukar ucapan melalui kartu dengan anggota keluarga atau teman.

Di sisi lain, pengungkapan rasa terima kasih tidak hanya ada dalam bentuk pesan tertulis.

Pada masa revolusi komersial di abad ke-16 dan ke-17, orang-orang memiliki kebiasaan selalu mengucapkan terima kasih dengan mengatakannya melalui lisan.

Lantas bagaimana cara merayakan Hari Terima Kasih Internasional? Simak selengkapnya!

1. Membuat ucapan unik terima kasih

Di era ini, ada banyak aplikasi untuk membuat sebuah ucapan terima kasih yang menarik. Anda bisa mengemas ucapan terima kasih untuk orang-orang terdekat melalui video yang sudah anda buat dengan kreativitas sendiri.

Maka keluarga atau teman-teman terdekat anda akan merasa dihargai. Sebab anda meluangkan waktu khusus untuk membuat sebuah video yang ditujukan kepada mereka.

2. Memberi kado

Ucapan terima kasih yang hanya ada satu dalam setahun bisa dirayakan dengan memberikan sebuah hadiah.

Tidak perlu memberi hadiah yang mahal atau mewah. Anda bisa melakukannya sesuai dengan kemampuan.

Misalnya membeli semir sepatu yang biasanya mereka pakai, jaket untuk musim dingin atau makanan yang menjadi kesukaan mereka.

3. Berkumpul bersama
Momen perayaan hari Terima Kasih Sedunia juga bisa dilakukan dengan berkumpul bersama. Tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan ketika keluarga atau teman-teman terdekat menghabiskan waktu bersama dan saling berbagi cerita.

Dalam kegiatan ini, orang-orang terdekat bisa saling menyampaikan isi hati mereka. Mereka juga dapat saling bertukar pesan yang dikemas dalam sebuah kartu. Acara ini dapat mempererat rasa kekeluargaan yang sebelumnya sudah ada dan menambah rasa sayang satu dengan yang lainnya.

407 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.