Wisuda UMPR Dihadiri 3.000 Undangan

BERLANGSUNG KHIDMAT: Acara wisuda mahasiswa/i UMPR dihadiri ribuan tamu undangan, mulai dari pejabat, orang tua, hingga kerabat, Sabtu (5/11). Foto: IRPAN JURAYZ KALTENG POS

PALANGKA RAYA – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) mewisuda 923 mahasiswa/i, Sabtu (5/11). Prosesi wisuda yang digelar di Hotel Bahalap itu dihadiri 3.000 tamu undangan. Mulai dari pejabat, orang tua, hingga orang-orang terdekat para wisudawan/i.

“Tahun ini kami mewisuda 923 lulusan pada jenjang pendidikan D-3, S-1, dan magister dari berbagai program studi dan fakultas,” kata Rektor UMPR Dr M Yusuf dalam sambutannya.

Dari 923 orang yang diwisuda itu, lulusan dari Program Studi (Prodi) Magister Administrasi Publik (MAP) berjumlah 89 orang, Administrasi Negara 265 orang, Ilmu Komunikasi 17 orang, Bimbingan Konseling 13 orang, dan Pendidikan Ekonomi 35 orang.

Kemudian lulusan dari Prodi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar 142 orang, Pendidikan Teknik Informasi 32 orang, Agroteknologi 25 orang, Kehutanan 16 orang, Ahwal Syakhshiyah 14 orang, Pendidikan Agama Islam 30 orang, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1 orang.

Dari Prodi Teknik Sipil ada 51 orang, Teknik Lingkungan 13 orang, Ilmu komputer 52 orang, Farmasi 74 orang, dan Analis Kesehatan 50 orang.

Menurut Yusuf, wisuda bukanlah akhir perjalanan dan perjuangan mahasiswa, melainkan langkah awal menuju kehidupan dan dunia nyata yang penuh persaingan tanpa batas. Karena itu, ilmu pengetahuan yang didapat selama perkuliahan harus bisa dimanfaatkan untuk terus mengembangkan kualitas diri.

“Selain kemampuan akademik, modal utama dalam berkehidupan masyarakat adalah kemampuan mengelola mental yang kuat. Nanti kalian akan menghadapi dan merasakan langsung realita dunia kerja. Ada banyak tantangan yang dihadapi kelak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XI Kalimantan Muhammad Akbar yang juga hadir dalam acara itu, mendorong lembaga pendidikan tinggi untuk memperkuat jejaring guna meningkatkan serapan lulusan di dunia kerja.

“Melalui penguatan dan perluasan jejaring, maka lulusan juga akan mudah terserap di dunia kerja, atau bahkan dapat membuka lapangan kerja,” ucapnya.

Menurut dia, perluasan jejaring dapat dilakukan perguruan tinggi melalui kerja sama dengan pihak swasta, pemerintah, maupun organisasi sosial dan kemasyarakatan, atau bahkan dengan para alumni.

“Dengan makin luasnya jejaring yang dimiliki, perguruan tinggi akan punya banyak pilihan dalam upaya melaksanakan program tridharma perguruan tinggi, pengembangan SDM mahasiswa dan civitas akademika, baik dalam ranah akademik ataupun nonakademik,” ungkapnya.

Bersamaan dengan acara wisuda itu, juga dilaksanakan pengukuhan Profesor Dr M Fatchurahman MPd MPsi sebagai guru besar UMPR bidang ilmu penelitian dan evaluasi pendidikan. (irj/sos/ce/ram/kpfm)

113 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published.